Selasa, 09 April 2013

Custom ROM for Cross A1 (by jujurs)

custom rom
Agan-agan semua yang lagi pada bingung nyari custom ROM untuk Cross A1 yang lagi sakit, ini dia saya kasih custom ROM masakan gan jujurs dari kaskus. Berikut file-file beserta penjelasan dari gan jujurs. Harap simak baik-baik karena ketidak telitian dan kecerobohan dapat membuat HH agan "koma" bahkan mati. Di sini saya copy paste langsung tulisan agan jujurs untuk menjaga keoriginalitas arti dan maksud dari gan jujurs. huahuahua bahasa planet mana itu yang digaris bawah, bacanya susah bener. biggrin

Quote (jujurs)

Semuanya dalam bentuk zip yg bisa dipasang ke hp melalui cwmr. Yg mau coba cwmrnya aja atau bootnya aja bisa, tapi klw mau nyobain romnya hrs disertai bootnya. Dan harus diingat untuk:

  1. tidak memasang boot dan recovery dalam satu sesi tanpa diseling reboot dan memastikan bhw yg pertama dipasang sdh oke.
  2. Backup dulu ROM agan sebelum flashing. Atau kalau dari tanpa cwmr berarti begitu terpasang cwmr dan masuk cwmr pertama kali langsung lakukan full backup.
    Untuk yg dr awal langkahnya: keluarkan dulu image cwmr dr zipnya, pasang dulu dgn diflash dgn flashtool atau mobileuncle tools. Selanjutnya reboot to recovery, LAKUKAN FULL BACKUP, baru pasang yg lain pakai cwmr. 
  • Android Cross A1 Scatter (sama dengan sebelumnya): Scatter New
  • ClockworkMod Recovery: Recovery
  • New Boot: New Boot
  • New Rom: (anggap versi beta ya, belum ada yang kasih feedback soalnya): New ROM 



Catatan:
  • Keluarin / extract dulu recovery.img dari file zipnya kalau mau dipasang pakai Flashtool atau pakai MobileUncleTools.
  • Boot dan Recovery Baru sdh meng-insert module (insmod) ext2.ko untuk mendukung partisi berformat ext2.
  • Apabila sdcard sudah dipartisi dan partisi kedua berformat ext2 maka di setiap booting ROM baru akan mengecek partisi itu, otomatis perbaiki error dan memount partisi tersebut ke folder /mount/sd-ext dan dilink di /sd-ext. (file yg berisi perintah mount adl: /etc/init.d/01mount silakan dihapus bila tidak suka atau mau mencoba script a2sd atau apps2sd dan sejenisnya.)
  • Di setiap booting ROM baru akan mengecek dan mendaftar file apk di /system, /data/app, /data/app-private dan men-zipalign file apk yang belum masuk daftar dan belum zipaligned. (file yg berisi perintah ini adl: /etc/init.d/04zipalign)
  • Di setiap booting ROM baru melalui file /etc/init.d/04zipalign juga mengecek partisi pertama dari sdcard (format fat / msdos) dan otomatis memperbaiki error.
  • Di setiap booting ROM baru melalui file /etc/init.d/00rmjbt menghapus file2 traces* di /data/anr/ dan jbt* di /data/misc/
  • Bbrp hal tsb dilakukan berhubung dari pengamatan penggunaan ane adanya error dan penumpukan file error akan memperlambat HH kita dengan sangat signifikan. 



Catatan 2:
  • Berhubung pengecekan sdcard disetel autorepair, file2 yang rusak atau file yang ada di dalam folder yg rusak akan otomatis dihapus atau dipindah ke folder lost+found dengan nama baru, maka ada resiko "hilangnya" file-file dari sdcard. cek di folder lost+found bila merasa kehilangan dan cari file dengan ukuran yg sama dgn file asli agan, atau kalau pakai rootexplorer ikonnya akan sesuai dengan tipe file aslinya untuk tipe-tipe yg dikenali rootexplorer.
  • Dengan kondisi itu, untuk a2sd, apps2sd atau sejenisnya disarankan untuk hanya file apk yang dipindah di sd-ext dengan maksud: apabila terjadi error dan file2nya pindah ke lost+found akan lebih mudah diidentifikasi filenya (hanya satu tipe dan di rootexplorer ikonnya sesuai ikon aplikasinya).
  • INGAT!!
    Kalau pakai rom baru itu dan mau pasang a2sd atau semacamnya hapus dulu file /etc/init.d/01mount (script mount partisi 2 punya ane) kalo gak dihapus jadi double mount dan mengganggu kinerja.


Tambahan dari gan jujurs, Kalau Setelah instal ROM dan teman-temannya di atas membuat HH jadi lemot gunakan yang ini:


Quote (jujurs)

kalau lemotnya stlh pasang boot coba ganti bootnya pakai yg ini:
ini recovery cwmr dengan kernel yg sama dengan boot itu:

INGAT!
pasang cwmr - reboot to cwmr buat mastiin cwmr berfungsi - baru lanjutin ke pasang boot.
jangan sampai keduanya sama2 gak fungsi.

sebelum pasang rom terlebih dulu backuplah system agan dan salin backupnya ke pc, jangan ngandelin mmc / sdcard.


Thanks buat agan aswt41 yang udah share backupannya good
Share this article now on :

Poskan Komentar

Silahkan coment yang rapih tidak menerima spam ya :-p