Sabtu, 12 Januari 2013

Cara Melindungi Mata dari Radiasi Komputer

Cara Melindungi Mata dari Radiasi Komputer

Assalammualaikum wr. wb.
Salam sejahtera untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang cara melindungi mata dari radiasi komputer. Mata merupakan salah satu aset yang paling berharga sehingga harus dijaga benar kesehatannya. Keseringan melototin monitor komputer bisa bikin mata kita jadi lelah, yang disebabkan karena radiasi gelombang elektromagnetik komputer.
Studi yang dilakukan American Optometric Association (AOA) mencetuskan bahwa radiasi komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya (Contonya saya dulu pernah mata jadi kering, gatel-gatel, dan kemerahan). 
Kebanyakan gejala yang dikeluhkan responden adalah soal kelelahan mata, pandangan menjadi kabur dan mata kering. Masalah visual lainnya yang timbul adalah soal gangguan sakit kepala dan sakit leher atau bahu (Itu banget, bahu saya jadi pegel-pegel kalo kelamaan nongkrong di depan kompi).

Nah bagi sobat yang sering nongkrong di depan kompi, lindungi dan rawatlah mata sobat dari radiasi yang ditimbulkannya. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindarinya. 

Tips/cara melindungi mata dari radiasi komputer :

1. Pakai pelindung layar komputer (filter) untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer.
2. Pilih layar komputer yang radiasinya rendah, seperti layar LCD (liquid crystal display).
3. Jagalah jarak pandangan mata dengan monitor. Idealnya, jarak minimum antara mata dengan monitor adalah 45 cm (Cukup lah sob).
4. Sesuaikan posisi layar komputer dengan mata, jangan ketinggian dan jangan terlalu rendah karena bisa menyebabkan sakit leher.
Selain itu, jika monitor terlalu tinggi dari pandangan mata maka akan menggangu pasokan udara yang disuplai ke otak. Sebaiknya layar monitor diposisikan sejajar dengan pandangan mata.Kalo kata American Optometric Association (AOA), seperti dilansir Rctimes, untuk mencegah kelelahan mata sebaiknya tempatkan monitor dengan posisi yang ergonomis (Ngertikan ergonomis, udah diejarin di SMA). Monitor harus ditempatkan pada posisi 16-30 inci dari mata, tergantung seberapa besar layar. Umumnya posisi yang nyaman untuk menatap monitor adalah 20 hingga 26 inci (Jangan kedeketan sob, kalo tulisan dikompi kecil ya digedein, kalo gambar di kompi kekecilan ya tinggal di zoom, jangan kita yang ngedeketin).
5. Sesuaikan pencahayaan monitor dengan intensitas kenyamanan mata.
Brightness (Pencahayaan) yang terlalu terang atau terlalu buram tidak baik bagi kesehatan mata. Pencahayaan yang terlalu terang akan membuat mata menjadi silau, sedangkan pencahayaan yang terlalu buram hanya dan membuat mata bekerja lebih keras untuk melihat. Hal ini akan membuat mata menjadi cepat lelah. Untuk itu, cobalah sesuaikan brightness dan contrast monitor hingga mata sobat bisa melihat dengan nyaman (Kalo ane sih, enaknya 35-50 sob). Jangan lupa juga untuk menyesuaikan resolusi dengan karakter di monitor agar dokumen-dokumen mudah dibaca.
6. Istirahatkan mata sejenak.
Jangan terus -terusan melototin layar komputer. Usahakan sediakan waktu beberapa menit untuk mengendorkan dan mengistirahatkan mata sobat. Ini akan mengurangi kepenatan mata dan otot. Segarkan mata dengan cara memandang ke ruangan lain atau memandang indahnya langit biru atau tanaman hijau (Enaknya jadi orang kampung).
7. Seringlah mengedipkan mata demi menghindari mata menjadi kering.
Jarang mengedipkan mata akan membuat mata menjadi kering. Karena itu sering-seringlah mengedipkan mata, karena dengan berkedip maka mata akan mengeluarkan air mata yang akan menyebar ke seluruh permukaan kornea untuk menjaga mata tetap lembab dan jernih (Tapi jangan keseringan, nanti ada cewe lewat di tabok deh).
8. Pakailah kacamata dengan lensa khusus untuk komputer.
Seperti pernah diberitakan, ahli masalah mata (Optometrist) Dr. Jay Schlanger mengatakan beberapa perusahaan kini mulai membuat lensa yang bagian atasnya dirancang untuk melihat komputer, dan bagian bawahnya untuk membaca.Pengguna lensa kontak juga punya solusi, yaitu dengan mengganti lensa kontak generasi baru yang terbuat dari silikon hydrogel. "Silikon jenis ini memungkinkan daya transmisi oksigen yang lebih tinggi dibanding jenis lain," ungkap Schlanger.
9. Perbanyak konsumsi vitamin A agar mata tetap dalam kondisi baik (Emmh, kalo saya sih suka makan worel. Hehe, kaya kelinci yo).
10. Jika merasa mata mengalami gangguan, segera pergi ke dokter mata untuk meyakinkan bahwa mata Anda benar-benar sehat.


Nah, itu dia cara (tips) melindungi mata dari radiasi komputer yang bisa saya bagikan. Terimakasih atas kunjungannya, mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammualaikum wr. wb.
Share this article now on :

Poskan Komentar

Silahkan coment yang rapih tidak menerima spam ya :-p