Senin, 03 Desember 2012

Cara Menghapus Virus di Komputer dan Laptop dengan Avira

Menghapus Virus di Komputer dan Laptop dengan Avira | Pada waktu pertama kali mendengar mengenai virus komputer banyak orang mengasumsikan seperti layaknya virus pada manusia, virus komputer bisa menular ke manusia dan bisa membuat orang jadi sakit dan ternyata hanya sifat-sifatnya yang sama antara virus di dunia nyata dengan virus di dunia IT/Komputer. Kita sebagai pengguna komputer mau tidak mau harus aware terhadap yang satu ini. Mungkin kita hanya pengguna normal dan data kita pun tidak seberapa mahal dibanding dengan perusahaan-perusahaan besar, tetapi seringkali hal ini mengurangi aktivitas dan produktivitas kita sebagai pengguna komputer.

Bayangkan tiba-tiba komputer kita crash/hang, padahal tugas-tugas kita sebagai mahasiswa atau pekerja akan sedikit banyak tergganggu. Lebih baik Install ulang software kita daripada scan virus yang belum tentu bisa membasmi bersih virusnnya, terkadang malah kita harus memformat Hardisk kita untuk memastikan virus tidak tertinggal di level partisi media simpan kita.Sehingga sebaiknya langkah antisipasi lebih penting daripada kita tiba-tiba komputer kita crash seperti tersebut diatas, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Bahkan Symantec menyatakan pertumbuhan program jahat masih mengalami kenaikan tinggi. Pertumbuhan sangat besar terjadi dalam setahun terakhir. Laporan tersebut menyatakan selama semester kedua tahun 2007 ditemukan 499.811 program berbahaya baru atau naik 136 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.Sepanjang 2007, Symantec mendeteksi 711.912 program jahat baru. Temuan ini menambah jumlah virus dan malware yang sudah dideteksi Symantec menjadi 1.122.311 jenis (sumber kompas).

Ada beberapa cara untuk mencegah penularan virus komputer, dan yang paling aman adalah membatasi tukar menukar data ke komputer kita, tetapi hal tersebut akan membuat komputer dan kita sendiri malah seperti katak dalam tempurung. Apalagi dengan berkembangnya internet dengan berbagai macam fasilitasnya, mau tidak mau membuat komputer kita berhubungan dengan komputer/data dari luar. Sehingga kita harus bisa memilih software penangkis virus yang mudah updatenya. Sebenarnya ancaman tidak hanya dari virus komputer, tetapi ada ancaman lain seperti worm,trojan, spyware dan program jahat lainnya (Malware) yang harus kita waspadai.

Untuk program antivirus ada banyak pilihan yang tersedia, seperti produk dari perusahaan-perusahaan besar dan terkenal seperti symantec, Mcaffe dll, tentunya kita harus merogoh kocek lebih dalam untuk urusan yang satu ini. Ada alternatif lain yang bisa dikatakan gratis. Kita bisa mencoba antivirus yang free dari internet.

Salah satunya adalah antivirus Avira Antivir Personal anda bisa akses situsnya http://www.avira.com/en/pages/index.php. Avira buatan dari avira gmbh, perusahaan pembuat antivirus dari jerman, berdasarkan Antivir antivirus engine yang diluncurkan pada tahun 1998 yang dinamakan H+BEDV Datentechnik GmbH ketika diciptakan.

Free Buat Pengguna Personal

untuk menggunakan produk ini anda bisa download di http://www.free-av.de/de/download/index.html, Ada 3 pilihah untuk pengguna personal :

Avira AntiVir Personal - FREE Antivirus

Avira AntiVir Premium

Avira Premium Security Suite

Untuk yang free kita pilih option yang pertama, anda bisa langsung di download avira dari situs utama download.com. sampai artikel ini ditulis, tersedia dua mirror alternatif untuk download, jika yang lain down bisa coba yang satunnya di tucows download (Avira AntiVir Personal - FREE Antivirus) atau di softpedia.com

Instalasinya cukup mudah, tinggal dijalankan file aplikasinya dobel klik antivir_workstation_winu_en_h.exe ikuti step by stepnya.

Sedangkan untuk manual update filenya bisa anda download lewat alamat website http://www.avira.com/en/support/vdf_update.html atau langsung anda download lewat http://dl.antivir.de/down/vdf/ivdf_fusebundle_nt_en.zip. Setelah terinstal didalam komputer kita, Icon avira antivirus akan muncul pada tray bar komputer kita dengan tanda payung sedang terbuka untuk aktif, dan payung tertutup jika avira dimatikan. Pastikan Icon Avira terbuka gambar payungnya.

langkah selanjutnya adalah meng-update virus definition filenya, biasanya setiap seminggu sekali bahkan kurang dari seminggu, sudah keluar virus definitionnya yang baru.

Kita bisa update manual (jika kita tidak terhubung dengan koneksi internet), atau otomatis update jika komputer kita terhubung dengan koneksi internet.

Setelah itu kita bisa scaning file-file yang ada dalam komputer kita atau yang akan kita copy kedalam hardisk kita terlebih dahulu.

Kelemahan untuk Free Personal

Untuk Avira AntiVir Personal yang dipakai pada komputer pribadi :
Setiap tahun harus kita update antivirus enginenya, yang untungnya masih tersedia free lewat web avira entah seterusnya atau sampai kapan.

Tidak tersedia untuk anti spywarenya, anda bisa gunakan alternatif software pencegah spyware buatan pihak yang lain. Lain waktu bisa kita sharingkan untuk Free program pencegah spyware seperti spybot & destroy yang lumayan ampuh untuk mencegah spyware atau anda bisa seaching lewat internet.

Sekian artikel tentang Menghapus Virus di Komputer/Laptop dengan Avira Semoga bermanfaat.
Share this article now on :

Poskan Komentar

Silahkan coment yang rapih tidak menerima spam ya :-p