Sabtu, 25 Agustus 2012

Tips Cara Mencegah Mata Lelah di Depan Komputer

Cara mencegah mata lelah di depan komputer,Mata lelah akibat kerja di depan komputer memang tidak bisa dihindari, tetapi sebenarnya dengan pengaturan dan penggunaan yang benar minimal dapat diminimalisir. Pengaturan yang salah pada beberapa perangkat, terutama monitor jenis CRT akan dapat dengan mudah membuat mata kita menjadi cepat lelah, apalagi jika didukung oleh kondisi mata kita yang sudah tidak bersahabat.
Seperti yang sudah mulai mengalami penurunan ketajaman penglihatan atau sudah mulai minus.
Atau jika mata lelah akibat penggunaan komputer yang berlebihan, maka bukan tidak mungkin menimbulkan masalah baru pada mata. Tetapi sebenarnya dengan beberapa cara, kita bisa sedikit mencegah mata lelah walaupun duduk berlama-lama didepan komputer.
 
Berikut tips agar monitor terasa nyaman dilihat mata, dengan beberapa pengaturan yang mudah :

 
OSD (On Screen Display)
Merupakan tombol-tombol pada monitor yang berfungsi untuk melakukan konfigurasi monitor, seperti tingkat kontras, tingkat terang dan gelap (Brightness) dan sebagainya. Gunakanlah pengaturan OSD yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda.

 
Bagi pengguna kacamata
Bila Anda merasa lelah menggunakan kacamata, sebaiknya dilepas saja. Kacamata bisa membuat mata lelah, biarkan mata Anda sesekali melihat bebas. Namun, segera kenakan kacamata Anda bila merasa harus mengenakannya. Jangan paksa mata anda melihat tanpa bantuan kacamata Anda.Beri waktu istirahat untuk mata sesering mungkin
Jika Anda berada dalam waktu yang lama di depan monitor, istirahatkan mata Anda setiap 2-3 jam sekali selama 10 hingga 15 menit. Atau Anda juga bisa keluar ruangan, arahkan mata ke tempat yang jauh. Hal ini berguna untuk melenturkan kembali urat mata agar lebih segar. Jangan pernah mengucek mata Anda, sering-seringlah berkedip. Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata anda tetap basah dan sejuk.

 
Perhatikan pencahayaan ruangan
Jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata. Hindari menatap cahaya lampu secara langsung. Sebaliknya, jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu gelap atau redup. Usahakan agar ruangan cukup terang agarmata tidak bekerja terlalu keras.

 
Filter glass monitor
Gunakan filter glass monitor untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor. Bila gambar yang tampak semakin buram, atau tidak nyaman bagi mata, maka sudah waktunya untuk memperbaiki atau mengganti monitor komputer Anda. Jangan lupa sering membersihkan monitor dari debu dan kotoran yang mengganggu layar.

 
Posisikan jarak seimbang antara kertas dan monitor
Jika anda harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda. Hal tersebut dimaksudkan agar Anda tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja Anda, setelah membaca di layar monitor.

 
Perhatikan posisi monitor
Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10 – 15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus anda. Hal ini dimaksudkan agar membuat mata dan dan menjaga bahu juga leher cukup nyaman ketika menatap komputer dalam waktu lama.

 
Atur resolusi layar yang tepat
Monitor keluaran terbaru banyak yang memberikan tingkat resolusi yang tinggi sehingga tulisan di layar tampak kecil. Anda sebaiknya menurunkan resolusi layar sehingga kelihatan nyaman dilihat mata, misalkan menggunakan resolusi 1024×768 piksel atau 1152×864 piksel. Pastikan ukuran atau “font” huruf yang anda gunakan cukup besar. Jangan paksa mata anda untuk membaca hurup kecil pada monitor.

 
Nah cukup sekian dulu Tips Cara Mencegah Mata Lelah di Depan Komputer semoga bermanfaat dan tentunya menambah pengetahuan kita.
Salam THE-XP
Share this article now on :

Poskan Komentar

Silahkan coment yang rapih tidak menerima spam ya :-p