Langsung ke konten utama

Memantau Topan dengan Komputer Canggih

Memantau Topan dengan Komputer Canggih - Dunia Komputer | Semakin canggih saja manusia menciptakan terobosan terbaru dalam hal teknologi baik dari segi kualitas barangnya hingga keunikannya. Kali ini ada Komputer super dari Taipei, Taiwan yang dapat memantau angin topan.


Tak hanya Jepang yang memilih teknologi hebat untuk memantau kondisi alam dengan memilih komputer canggih. Taiwan, baru-baru ini memilih menggunakan komputer super yang bernama PRIMEHPC FX10. Komputer besutan Fujitsu ini digunakan untuk memantau aktivitas prakiraan cuaca. Dengan tugas seberat itu, tentu saja Taiwan menggunakan komputer dengan spesifikasi sangat tinggi. Komputer Super ini akan digunakan Biro Informasi Cuaca Pusat (Central Weather Bureau/CWB) Taiwan. CWB Taiwan yang didirikan 1941 adalah badan pemerintah yang bertugas memantau dan memberikan informasi prakiraan cuaca, gempa bumi dan tsunami untuk seluruh wilayah Taiwan.


Konfigurasi sistem baru yang berbasis PRIMEHPC FX10 akan mulai diluncurkan dalam tiga tahun secara bertahap mulai 2012 ini. Pada tahap awal, operasional dijadwalkan akan dimulai pada Januari 2013, dan realisasi pencapaian performa puncak -- yaitu melampaui 1 petaflop -- rencananya bakal dicapai pada Desember 2014. Tingkat performa ini diperkirakan 100 kali lebih besar daripada sistem yang dimiliki CWB saat ini, sehingga ini akan menjadikannya salah satu komputer super terdepan dalam hal meteorologi. Selain membantu prakiraan cuaca di Taiwan, sistem ini sekaligus meningkatkan kemampuan negara itu dalam memantau dan memprediksi angin topan, badai tropis, dan gangguan cuaca yang dahsyat lainnya. Hal ini merupakan suatu hal yang penting bagi Taiwan, mengingat lokasi negara itu di perbatasan zona iklim tropis dan subtropis. Kemudian sistem ini juga akan meningkatkan kemampuan pemantauan dan analisa Taiwan terkait hal perubahan iklim jangka panjang. Dengan menggunakan sistem komputer super yang baru, CWB ingin memiliki kemampuan pemantauan yang lebih cepat dan lebih baik dalam akurasi prakiraan gangguan cuaca.


Dengan begitu, CWB berharap dapat meminimalisir dari gangguan cuaca yang akan menerpa Taiwan, seperti angin topan dan badai tropis karena letaknya di zona tropis dan subtropis. "Saat kami berencana menggunakan sistem baru, kami membuat perencanaan mengenai sumber daya yang akan dibutuhkan untuk meningkatkan ketepatan analisa prakiraan cuaca dan untuk penggunaan aplikasi skala besar," kata Direktur Pusat Informasi Meteorologi CWB Shiang-shyoung Shen. "Sistem CWB yang baru itu, setelah selesai dikonfigurasi, nantinya akan menjadi salah satu komputer super terdepan di dunia yang digunakan untuk meterologi," imbuh Presiden & CEO Fujitsu Taiwan Ichiro Ikegami, dalam keterangan resminya.

Demikianlah postingan ini dibuat sebagaimana mestinya, semoga bisa bermanfaat dan informatif bagi para sobat pembaca sekalian. Memantau Topan dengan Komputer Canggih

Sumber: fajar.co.id |  Rating: 4.5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Nokia Asha 308 Dual SIM

Nokia Asha 308 dalam spesifikasinya ternyata memiliki dua slot kartu GSM dalam bentuk yang mini. Hp yang masuk dalam kategori hp pintar Nokia ini juga dilengkapi dengan layar anti gores sehingga aman digunakan meskipun anda tidak memasang screenguard. Dengan harga sembilan ratusan sayangnya hp ini belum dilengkapi dengan fitur 3G atau HSDPA untuk koneksi internetnya, sehingga Gprs dan Edge masih menjadi andalannya. Spesifikasi Nokia Asha 308 Lanjutkan Baca »

[ROMs] Stock Rom HELLO KITTY Samsung Galaxy Y

  Assalamualaikum, Tengah hari ni MK nk share benda yang agak menarik minat kaum HAWA sikit.. Hahaha.. Stock rom ni dah lama dah release, mungkin dah ramai yang tahu pasal rom ni, Tp bagi yang xtahu, hah ni dia MK nak bagi tahu.. Tu dia, stock rom hello kitty, pinky pinky gitu mak.. Stock rom ni base dari  DLLD5 (Datang dari mane x taw ni).. Korang semua jangan risau ok, stock rom ni xde bug atau force close, sebab ia adalah stock original tapi yang membezakan dia je adalah THEME, SystemUI, FRAMEWOR K, Icon dll.. MK garenti la GF, Adik,Kakak,Mak korang suka kalo guna stock rom ni..     Feature : Hello kitty animated bootanimation Hello kitty boot sound Hello kitty shutdown animation   FILE DAN TOOL YANG DI PERLUKAN : Hello Kitty Stock Rom ( MIRRROR : Download ) Odin Driver (Kalo korang dah ade samsung KIES, xyah la download Driver ni ye) USB Cable PC/Laptop Samsung Galaxy Y GT-S5360 Prepa

[TUT] Cara Mendownload Video Di Youtube Tanpa Guna Applikasi

  Assalamualaikum, Pagi ni MK nak ajar korang download video dari youtube tanpa menggunakan applikasi seperti youtube downloader or tubemate..Ni cara alternatif..   Cara-cara : Bukak youtube dengan menggunakan INTERNET BROWSER korang, then pilih video yang korang nak. Lepas tu, korang edit address bar korang,.. Tukar Http://m.youtube.com/ ……. ke Http://ssyoutube.com/ ….. Then tekan go.. Bila korang dah masuk kat web page tu, korang tunggu sampai dia habis load.. Then korang pilih lah format ape yang korang nk, Dan lepas tu korang tekan kat format yang korang nak tu.. DONE