Senin, 04 Juni 2012

Spesifikasi dan Harga HP HTC One V

Spesifikasi dan Harga HP HTC One V

Spesifikasi dan Harga HP HTC One V

Desain dan layar
Saat pertama kali melihat One V, Ghiboo seolah menemui reinkarnasi dari HTC Legend. Ya, sekilas memang desain kedua produk ini cukup mirip. Lengkungan khas di bagian bawah ponsel terlihat begitu cantik dengan ukuran body yang pas di genggaman tangan.

Tak terlalu besar dan tak terlalu kecil. Dengan ketebalan yang hanya 9,2mm dan bahan casing yang tidak licin, One V cukup nyaman saat digunakan.

Bagian depan didominasi layar sebesar 3,7 inci dengan tiga tombol touchscreen untuk Back, Home, dan Multitasking. Di bagian kiri ada port untuk charging, sementara di kanan ada tombol volume. Bagian atas hanya diisi tombol power yang juga berfungsi sebagai lock/unlock dan port jack 3.5mm.

Bagian belakang didominasi dengan logo HTC di tengah dan beats audio di bawah. Sementara kamera plus LED flash ada di atas.

Bicara layar, HTC One V sudah dibekali sebuah display capasitive touchscreen dengan resolusi 480x800. Ukuran 3,7 inci dengan 16 juta warna dirasa sudah cukup memanjakan mata pengguna khususnya saat digunakan untuk menonton video, menampilkan foto, maupun browsing.

Hardware dan OS
HTC membenamkan prosesor Qualcomm MSM8255 Snapdragon single-core dengan kecepatan 1GHz. Untuk mendukung performanya, terdapat Graphic Processor Unit Adreno 205 serta RAM 512MB.

Selama masa pengujian yang dilakukan Ghiboo, One V sama sekali tidak menunjukkan masalah saat perpindahan menu maupun aplikasi. Ghiboo tidak menemukan adanya lag saat menggunakan aplikasi standar maupun saat bermain game HD seperti Shadow Gun.

Memori internal pada smartphone ini berkapasitas 4GB. Meskipun demikian, karena telah digunakan untuk menyimpan OS dan aplikasi lainnya, pengguna hanya diberikan jatah sisa sebesar 1GB. Namun jangan khawatir karena HTC tetap menyediakan slot microSD serta aplikasi Dropbox yang memungkinkan user menyimpan file mereka lewat teknologi cloud, dengan kapasitas 2GB. Masih kurang? Kapasitas tambahan sebesar 23GB bisa didapatkan secara gratis selama dua tahun dengan melakukan set up akun Dropbox melalui One V milik Anda.

Untuk urusan OS, One V telah menggunakan Android terbaru 4.0 Ice Cream Sandwich. User interface HTC Sense 4.0 semakin melengkapi tampilan cantik pada Home Screen dengan berbagai widget yang bisa dikostumisasi.

Smartphone ini masih dilengkapi baterai berkekuatan standar, yakni Li-ion 1500mAh. Walaupun begitu, berbagai fitur yang ada di One V ternyata cukup efisien dalam mengonsumsi daya pada baterai. Untuk pemakaian wajar, artinya tidak secara full time digunakan untuk bermain game maupun menonton video, baterai pada One V mampu bertahan selama lebih dari satu hari.

Kamera
Mengusung slogan "Amazing Camera, Authentic Sound", tentunya kamera menjadi andalan utama dari keluarga One Series. Walaupun mengalami pemangkasan dari One X yang dibekali kamera 8MP, HTC One V yang 'hanya' dibekali kamera 5MP mampu memberikan hasil yang lumayan.

Beberapa fungsi pendukung seperti autofocus, LED flash, face and smile detection, dan geo-tagging telah dibenamkan. Tak hanya itu, HTC melengkapi kamera pada One V dengan lensa F2.0 28mm dengan dukungan HTC ImageSense dan HTC Smart Flash. Kombinasi ini memungkinan kamera tersebut menghasilkan foto yang sangat baik bahkan jika diambil dalam kondisi yang minim cahaya.

Dengan menekan tombol shutter lebih lama, pengguna bisa menangkap gambar hingga beberapa bidikan secara berkelanjutan dengan 4 frame per detik. Kamera pada smartphone ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi HD dan dapat mengambil foto sekaligus secara bersamaan saat sedang merekam.

Untuk melihat hasil jepretan indoor dan outdoor, kunjungi Gallery Ghiboo di link ini, HTC Gallery.

Konektivitas dan browser
Berbagai koneksi standar smartphone masa kini seperti HSDPA, Wi-Fi, Bluetooth with A2DP, serta kemampuan sebagai mobile hotspot (tethering) telah disediakan. Browser default pada One V telah dilengkapi Adobe flash sehingga menghadirkan pengalaman berselancar di dunia maya layaknya menggunakan PC.

Fitur andalan
Beats Audio memungkinkan audio yang dihasilkan lebih jernih dan memuaskan telinga. Sayang, HTC tak menyertakan headset Beats yang dikenal punya kualitas papan atas. Yang ada hanyalah headset bawaan standar dari HTC.

Selain itu, HTC juga melengkapi smartphone-nya dengan fitur HTC Car, yang dapat memudahkan pengguna saat sedang mengemudi. Beberapa fungsi penunjang ada di HTC Car, seperti Phone untuk menelepon, Music untuk mendengarkan lagu, HTC Locations sebagai penunjuk arah, serta Internet Radio untuk mendengarkan radio secara streaming.

Benchmark
Hasil pengujian menggunakan Antutu Benchmark memperoleh skor 2467. Angka ini mengungguli Sony Ericsson X10 walaupun masih dibawah Samsung Galaxy S.

Sementara pengujian menggunakan Quadrant Standart menghasilkan nilai 1562, cukup jauh tertinggal dari Samsung Galaxy Nexus.

Kesimpulan
Menyasar konsumen kelas menengah, HTC mampu menghadirkan One V layaknya smartphone high-end. Desain yang apik ditambah performa yang boleh dibilang mencukupi, membuat smartphone ini bisa dijadikan pilihan.

Anda diharuskan merogoh kocek sebesar Rp 2,9 jutaan untuk dapat memiliki satu unit HTC One V. Tak terlalu mahal namun tak bisa disebut murah. Harga yang cukup wajar jika melihat berbagai hal yang ditawarkan.


Keunggulan:
- Desain apik dan terkesan elegan
- Layar tajam dengan tampilan warna yang sangat baik
- Android ICS dan HTC Sense 4.0

Kekurangan:
- Beats Audio tanpa dibekali headset Beats? Jelas tak sempurna!
Share this article now on :

Poskan Komentar

Silahkan coment yang rapih tidak menerima spam ya :-p