Senin, 06 Februari 2012

Cara Mengenali BlackBerry Dari PIN

Tips and Trick Blackberry | BlackBerry PIN | BlackBerry | PIN | Tips
Tips Mengenali BlackBerry Dari PIN. BlackBerry itu mempunyai identitas IMEI dan PIN, beda dari ponsel biasa yang hanya mempunyai identitas IMEI saja. Khusus BlackBerry IMEI dan PIN itu seperti pasangan yang tidak mungkin dipisahkan. BlackBerry dengan koneksi GSM beridentitas IMEI dan PIN, untuk BlackBerry CDMA atau Dual Mode (CDMA/GSM) mempunyai identitas MEID HEX dan PIN. Bagaimana cara melihat PIN dan IMEI pada BlackBerry Anda? Pada homescreen tekan Alt (tahan) + Shift aA (tahan) lalu tekan huruf H. Apabila anda menggunakan BlackBerry tipe 81xx, 82xx dan 910x yang mempunyai tampilan keypad yang berbeda dari kebanyakan BlackBerry lainnya maka yang anda lakukan menekan Alt (tahan) + E + A + C + E. Apabila Anda menggunakan BlackBerry Storm dan Storm 2 maka yang dilakukan adalah Tekan dan Tahan tombol back, kemudian tekan bagian layar pojok kiri atas, kemudian pojok kanan atas, pojok kiri atas dan pojok kanan atas. Nanti akan terlihat IMEI, PIN dan informasi lainnya.

PIN ini berbeda dengan PIN SIM Card, yang biasanya Anda harus memasukan PIN apabila baru menyalakan hp Anda. PIN BlackBerry ini mempunyai fungsi sebagai identitas dari BlackBerry untuk PIN Message dan BlackBerry Messenger. PIN BlackBerry mempunyai 8 digit yang terdiri dari angka dan huruf. Tidak menutup kemungkinan semua terdiri dari angka. Tetapi khusus BlackBerry GSM mempunyai PIN dengan kepala angka 2, dan khusus BlackBerry CDMA atau Dual Mode (CDMA/GSM) mempunyai PIN dengan angka 3. Khusus pada tipe BlackBerry Storm 2 (9520) menggunakan PIN kepala 3 meskipun system jaringannya adalah GSM.

Biasanya pada BlackBerry tipe lama, seperti tipe 8700, 8707, 8300, 8310, 8320 dan 9000 security-nya masih kurang bagus seperti pada BlackBerry tipe-tipe games. Karena PIN BlackBerry tersebut masih bisa di generate dengan software apabila PIN BlackBerry tersebut ter-suspend sehingga ada yang disebut dengan PIN Cloning, PIN tembak dan lain-lain. Penggunaan PIN cloning atau PIN tembak ini tidak akan lama, karena biasanya RIM akan melakukan pengecekan secara berkala dimana PIN tersebut langsung suspended sehingga BlackBerry Anda tidak akan bisa digunakan lagi layanan BIS nya selain untuk telpon dan SMS.

Pernahkah mendengar BlackBerry dengan kepala angka 4? Apabila iya, memang benar tetapi PIN dengan kepala angka 4 hanya digunakan untuk layanan BlackBerry Connect, yaitu seperti layanan BlackBerry Internet Service hanya digunakan di smartphone seperti Nokia Communicator, Sony Ericsson dan sejenisnya. Sepertinya layanan ini pun sudah tidak ada yang menggunakannya lagi. Tetapi PIN kepala angka 4 tersebut tidak akan pernah ada secara resmi di handheld BlackBerry-nya. Apabila ada, maka BlackBerry tersebut merupakan BlackBerry yang menggunakan PIN tembak atau clone.

Berikut ini beberapa tips dari saya:

- Jangan pernah menunjukan kepada orang lain PIN dan IMEI BlackBerry Anda secara bersamaan. Jagalah PIN dan IMEI BlackBerry Anda sebaik-baiknya.

- Apabila terpaksa harus service di toko-toko hp umum yang tidak berkaitan dengan service center dari distributor resmi sebaiknya pastikan dulu toko tersebut memang terpercaya agar PIN BlackBerry Anda tidak dicuri untuk dijadikan PIN Kloning pada BlackBerry lain.

- Pastikan PIN BlackBerry Anda memang resmi bukan hasil tembak atau clone. Apabila memang sudah mencurigakan sebaiknya jangan dibeli. Untuk lebih amannya, beli BlackBerry baru di distributor resmi.

- Apabila memang terpaksa membeli BlackBerry bekas pakai, sebaiknya coba ikuti semua langkah-langkah diatas. Mudah-mudahan bisa menjadi panduan apabila Anda harus membeli BlackBerry bekas pakai. Meskipun tidak menjadi jaminan apabila Anda sudah mengikuti saran diatas, tetapi kami tetap menyarankan untuk membeli BlackBerry Baru bergaransi distributor resmi agar terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Atau ajak rekan Anda yang memang mengerti tentang BlackBerry.

- Salah satu langkah penting apabila harus membeli BlackBerry bekas pakai, test menggunakan SIM Card yang sudah diaktifkan layanan BIS nya. Lalu test apakah koneksinya dapat GPRS atau gprs. Apabila GPRS berarti seharusnya layanan BlackBerry anda aman dari masalah. Apabila terkoneksi jaringan 3G, maka jaringan Anda akan muncul tulisan 3G dan logo BlackBerry. Tetapi apabila tertulis koneksi gprs atau 3g dan tidak ada logo BlackBerry, sebaiknya berhati-hati karena ditakutkan BlackBerry tersebut sudah ter suspend. Pastikan koneksi disaat melakukan pengecekan dalam kondisi bagus. Meskipun tidak menjamin ini dipastikan aman tetapi beberapa upaya mencoba sudah Anda lakukan

- Jangan sembarangan memberikan PIN BlackBerry kepada orang lain, apabila memang harus diberikan berarti Anda juga harus siap dengan konsekuensi bisa dihubungi 1 x 24 jam selama layanan BlackBerry Anda aktif.

Semoga bermanfaat...
Share this article now on :

Poskan Komentar

Silahkan coment yang rapih tidak menerima spam ya :-p